Thursday, April 10, 2014

Dieng Tawarkan Paket Wisata Baru

 Di tempat baru ini, wisatawan bisa melihat matahari terbit dan sore harinya bisa melihat temaram senja sebelum matahari terbenam.Kelompok Sadar Wisata Dieng Pandawa menyiapkan paket wisata baru bagi mereka yang akan berlibur ke daerah di atas awan itu.
"Selama ini yang lebih dikenal adalah Bukit Sikunir dan Prau, padahal ada tempat lain yang menurut saya paling indah dibanding tempat lainnya," kata Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno, Selasa 8 April 2014.
Ia mengatakan, di Bukit Pangonan, calon lokasi baru itu, terdapat padang savanna yang luas yang bernama Telaga Sumurup. Hanya saja, lokasi baru itu terletak di cagar alam yang membutuhkan izin khusus dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah.
 Menurut kisah pewayangan, Telaga Nirwana merupakan tempat tokoh kera Hanoman malih rupa menjadi manusia kembali setelah membasuh muka dan badannya dengan air telaga nirwana.Masih menurut Hadi, di lokasi baru juga terdapat Telaga Nirwana.
 Ada pula habitat asli tanaman purwaceng, ginseng dari tanah Jawa. "Lansekap Candi Arjuna juga bisa dilihat dari bukit ini," katanya.Selain itu, kata Hadi, di tengah savanna terdapat pohon cemeti yang mistis.
 "Penggunaan kuda dimungkinkan sebab rute jalannya juga mendukung.Untuk memudahkan mencapai bukit, kata Hadi, akan dibuatkan jalan setapak dan jalan kuda bagi yang tak kuat berjalan menanjak. Lagi pula, alternatif ini seperti mengembalikan kodratnya bukit Pangonan yang menurut sejarahnya merupakan tempat angon kuda," katanya.
 "Apalagi untuk kegiatan semacam off road yang berpotensi merusak kelestarian Cagar Alam.Endi Suryo dari BKSDA Jawa Tengah mengatakan, Telaga Sumurup merupakan lahan konservasi yang sifatnya tertutup dan tidak boleh diselenggarakan kegiatan. Namun kalau kegiatan yang dilakukan berupa jalan kaki dan penelitian, kemungkinan besar akan diizinkan," katanya.
Ia menambahkan, banyaknya peminat fotografi yang datang juga berpotensi merusak lingkungan cagar alam. Menurut dia, adanya pehobi foto yang sering tidak menggunakan etika wajib ditertibkan. "Ada larangan mengambil gambar di lokasi konservasi," katanya.

Dieng Tawarkan Paket Wisata Baru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tifa Computer

0 comments:

Post a Comment

Tari Topeng dan Lengger Wonosobo