Sunday, November 24, 2013

Menantang Arus Liar Serayu

Foto 
 Festival Serayu dimeriahkan berbagai perlombaan, yaitu: balap perahu dayung, layang-layang hias, pentas permainan, dan perlombaan-perlombaan lainnya.Kedua tradisi, baik Grebeg Suro dan Festival Serayu dapat disaksikan di Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas. Festival Serayu diadakan sebagai bentuk promosi potensi wisata Sungai Serayu. Digelar pula berbagai macam pentas seni pertunjukan, seperti wayang kulit semalam suntuk, kuda lumping, karaoke, dan lainnya untuk menambah kemeriahan acara.Selain itu,tepian Sungai Serayu juga merupakan tempat dilaksanakannya sebuah festival tahuan, yaitu Festival Serayu.
.
Dengan lebar sungai sekira 12-25 m, arung jeram di Sungai Serayu masuk dalam kategorigrade III–IV. Hal menjadi nilai tambah dan keunikan sungai ini adalah debit airnya tidak terpengaruh musim hujan..Tantangan dan keseruan yang ditawarkan sungai inipun dilengkapi pemandangan alam yang mengagumkan di kiri-kanan sungai. Jadi Sungai Serayu dapat menjadi wahana arung jeram sepanjang tahun.
.
Sungai Serayu berhulu di Dataran Tinggi Dieng dan berada pada ketinggian 500 m dpl.. Kelima kabupaten yang dimaksud adalah: Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap. Sungai sepanjang sekira 30 km ini melintasi lima kabupaten sebelum bermuara di Samudera Hindia.
.
 Saat tradisi Grebeg Suro digelar biasanya terdapat beragam hasil pertanian yang nantinya akan diperebutkan oleh pengunjung. Tradisi ini diselenggarakan di tepi Sungai Serayu.Tak hanya itu, di Sungai Serayu kerap dilakukan kegiatan-kegiatan budaya sepertitradisi Grebeg Suro adalah salah satunya.

Menantang Arus Liar Serayu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tifa Computer

0 comments:

Post a Comment

Tari Topeng dan Lengger Wonosobo