Sunday, November 24, 2013

Gunung Sindoro Lewat Jalur Sigedang Wonosobo

Untuk mencapai gunung yang berketinggian 3.150 mdpl ini yang umum adalah lewat jalur Kledung Temanggung.Gunung Sindoro, gunung yang berdampingan dengan Gunung Sumbing terletak di jalur utama Magelang - Wonosobo. Dan ada lagi jalur lain yang cukup menarik, yakni jalur Sigedang.
POS III - Watu Susu.
 Disini terdapat bangunan yang sudah roboh, namun cukup untuk mendirikan 3 tenda dome. Jika fisik kurang mendukung sebaiknya mendirikan camp di pos ini.POS 3 berada ditengah tengah perjalanan menuju puncak. Karena perjalanan selanjutnya selama 3 - 4 jam ke puncak kita tidak akan menemukan selter untuk mendirikan tenda.
Selanjutnya bisa jalan kaki atau naik ojek ke desa Sigedang, kurang lebih 4 km. Disini kita mengurus perijinan dan bisa juga mengisi persediaan air karena sepanjang jalur sampai puncak tidak kita jumpai sumber mata air. Begitu sampai di Sigedang sebaiknya menuju rumah pak Amin, juru kunci Sindoro.

Sigedang - Perkebukan Teh - POS III.
Di kawasan puncak kita tidak akan bingung untuk mendirikan tenda karena Gunung Sindoro memiliki dataran luas pada puncaknya, sekitar 400 x 300 meter. Dibagian timur terdapat dua kawah seluas 200 x 150 meter, dan dibagian barat terdapat dataran SegoroWedi dan Banjaran dan dua dataran lain yang belum bernama yang merupakan sisa kawah utama.
Watu Susu - Puncak.
Dari Watu Susu perjalanan kepuncak masih sekitar 1 sampai 1,5 jam lagi. Pendaki harus hati hati terutama yang berjalan didepan agar tidak membahayakan pendaki di belakangnya. Melewati jalan bebatuan yang licin dan kadang batu longsor saat kita injak. Setelah itu sampailah kita di kawasan puncak Gunung Sindoro.
 Kemudian perjalanan dilanjutkan ke POS III.Sepanjang perkebunan terdapat 2 pos dengan bangunan semi permanen yang bisa dipakai untuk istirahat. Jalur ke POS III berkelok kelok sehingga tidak begitu curam. 2 jam setelah melewati perkebunan teh kita akan sampai pada batas perkebunan dengan hutan.
400 mdpl, disini sudah bisa kita jumpai pohon Carica yang bisa tumbuh di dataran tinggi. Untuk mencapai desa Sigedang dari arah Wonosobo naik bus jurusan Dieng, turun di pertigaan Rejosari arah ke Tambi.Desa Sigedang berada pada ketinggian 1.
 Diperkebunan teh ini banyak sekali terdapat persimpangan. Kemudian berbelok ke kanan melewati jalanan berbatu menyusuri perkebunan teh.Dari desa Sigedang perjalanan dilanjutkan ke arah perkebunan teh melewati jalan aspal sekitar 20 menit. Bagi pendaki yang belum pernah mendaki Gunung Sindoro sebaiknya mencari teman perjalanan yang paham jalur Sigedang.
 Namun pada musim kemarau kedua genangan tersebut biasanya akan kering.Pada saat curah hujan tinggi kedua kawah ini terdapat banyak air yang bisa kita gunakan untuk minum dan memasak. Genangan air tersebut bersih dan dapat digunakan karena tidak terdapat belerang disini.

Kurang lebih 2 jam dari sini kita akan sampai di Watu Susu. Watu Susu merupakan 2 buah batu besar yang oleh warga setempat dianggap sebagai buah dada Gunung Sindoro. Menurut kepercayaan warga setempat, Gunung Sindoro adalah gunung perempuan dan suaminya adalah Gunung Sumbing dengan anak Gunung Kembang.

Gunung Sindoro Lewat Jalur Sigedang Wonosobo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tifa Computer