Wednesday, July 24, 2013

24 Juli 1825 berdirinya kabupaten Wonosobo

kabupaten wonosobo yaitu sesuatu kabupaten di provinsi jateng. ibukotanya yaitu wonosobo. kabupaten ini berbatasan dengan kabupaten temanggung serta kabupaten magelang di timur, kabupaten purworejo di selatan, kabupaten kebumen serta kabupaten banjarnegara di barat, dan kabupaten batang serta kabupaten kendal di utara.  

kabupaten wonosobo berdiri 24 juli 1825 sebagai kabupaten dibawah kesultanan yogyakarta seusai pertempuran didalam perang diponegoro. kyai moh ngampah, yang menolong diponegoro, diangkat sebagai bupati pertama dengan gelar kanjeng raden tumenggung ( krt ) setjonegoro. 

beberapa besar lokasi kabupaten wonosobo yaitu tempat pegunungan. sisi timur ( perbatasan dengan kabupaten temanggung ) ada dua gunung berapi : gunung sindoro ( 3. 136 mtr. ) serta gunung sumbing ( 3. 371 mtr. ). tempat utara adalah sisi dari dataran tinggi dieng, dengan puncaknya gunung prahu ( 2. 565 mtr. ). di sebelah selatan, ada waduk wadaslintang. 

ibukota kabupaten wonosobo ada di dalam-tengah lokasi kabupaten, yang disebut tempat hulu kali serayu. wonosobo dilintasi jalur provinsi yang menghubungkan semarang-purwokerto.

24 Juli 1825 berdirinya kabupaten Wonosobo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tifa Computer

0 comments:

Post a Comment

Tari Topeng dan Lengger Wonosobo