Wednesday, June 3, 2015

Tari Lengger Wonosobo


Tari Lengger ini digelar satu tahun sekali di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Wonosobo.lengger2Tari Lengger merupakan kesenian khas masyarakat di Kabupaten Wonosobo pada umumnya, namun Tari Lengger ini masing-masing memiliki kekhasan disetiap daerah kecamatan. Tari Lengger yang digelar oleh Desa Garung ini dalam rangka untuk memperingati hari jadi Desa serta rasa ucap syukur masyarakat Desa Garung atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Sang Maha Kuasa. Salah satunya adalah di Desa Garung kecamatan Kejajar.

 Kedua penari baik pria maupun wanita mengenakan topeng yang menggambarkan tokoh-tokoh. lengger3.Tari Lengger diiringi oleh musik tradisional Gamelan, dibawakan sekelompok orang terdiri dari pria dan wanita. Sang pria mengenakan pakaian tradisional berupa Ebeg, Jarit (kain Khas Jawa) sepaha, Sumping di kepalanya. Sementara sang wanita biasanya menggunakan Jarit yang membungkus hingga mata kaki, selendang, kemben serta mahkota.
 Hal demikian patut diapresiasi untuk meningkatkan kesadaran bahwa budaya lokal itu perlu dilestarikan dan dijaga. Karena di dalam perkembangan zaman yang serba teknologi ini, banyak masyarakat di Kabupaten Wonosobo yang masih menjalankan seni tradisi serta kebudayaan di daerahnya.Memang Seni Tari Lengger ini kental akan aroma mistik, namun bukan hanya semata-mata untuk memunculkan aroma seram, tapi lebih menekankan pada seni dan kebudayaan serta tradisi yang harus dilestarikan.

Uniknya, ketika para pemain atau penari mengalami Mendhem (kerasukan) dimana sang penari itu dikuasai oleh lelembut yang seakan-akan berada dalam kondisi diluar sadar dan mulai bertingkah aneh seperti misalnya menirukan gerakan monyet atau harimau, makan beling (pecahan kaca), menginjak bara api, mencambuk diri sendiri serta aksi kekebalan lainnya tanpa sedikitpun terlihat merasakan sakit. “Sebenarnya bukan hanya penari, kadang juga ada penonton yang mengalami kerasukan dan itu pasti ada saja pada setiap saat ada pertunjukan Seni Lengger di setiap daerah” Ujar Wilas yang sedang berada di sisi panggung menyaksikan seni tari.
Indonesia merupakan Negara yang kaya akan tempat-tempat indah dan mempesona ini tidak hanya menampilkan keindahan alamnya saja, namun dari segi keanekaragaman budayanya pun sangat unik dan menarik, salah satunya adalah Tari Lengger yang berasal dari Kabupaten Wonosobo.

untuk yang ingin tau lebih lanjut silahkan lihat Videonya disini

Tari Lengger Wonosobo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tifaku

0 comments:

Post a Comment

Tari Topeng dan Lengger Wonosobo